PELATIHAN DAN SERTIFIKASI KEMENAKER OPERATOR MULTI AXLE (TRANSPORTER) DIVISI KAPAL SELAM PT PAL INDONESIA

Kapal selam merupakan senjata strategis yang dimiliki suatu negara salah satunya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini PT.PAL Indonesia khususnya Divisi Kapal Selam diberi tugas oleh kementrian pertahanan dan kementrian BUMN sebagai platform yang bertugas membangun kapal selam dan melakukan perawatan kapal selam milik Indonesia.

Proses pembangunan kapal selam membutuhkan kerja sama yang baik dari setiap bagian di Divisi Kapal Selam. Untuk menjaga utilitas produksi kapal selam maka perlu menjaga performa dari setiap unit kerja di divisi kapal selam baik dari unit produksi maupun pendukung (supporting).

Dalam rangka menjaga produktifitas pembangunan kapal selam diperlukan system yang berjalan dengan efektif dan efisien di divisi kapal selam. Untuk menjaga efektifitas dan efisiensi pekerjaan perlu dilaksanakan pengembangan SDM yang baik.

Pelatihan Operator Multi Axle (Transporter) diselenggarakan guna mengembangkan sumber daya manusia di Divisi Kapal Selam. Peran operator multi axle (transporter) sangat penting pada waktu launching dan landing kapal selam dari bengkel ke dock ataupun landing page pada dermaga. Transporter juga dapat digunakan untuk memindahkan barang-barang yang besar karena tidak memungkinkan menggunakan overhead crane.

Pelatihan ini dilaksanakan di Trining Center Divisi Kapal Selam dan bengkel erection Divisi Kapal Selam  PT. PAL Indonesia dalam waktu 4 hari tanggal 22-25 Maret 2021 dan  Diikuti oleh 30 peserta

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat sehingga membantu produktifitas di Divisi Kapal Selam dapat terjaga dengan baik.