PELATIHAN BELA NEGARA TEAMBUILDING DIVISI KAPAL SELAM PT.PAL INDONESIA

Kapal selam merupakan senjata strategis yang dimiliki suatu negara salah satunya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini PT.PAL Indonesia khususnya Divisi Kapal Selam diberi tugas oleh kementrian pertahanan dan kementrian BUMN sebagai platform yang bertugas membangun kapal selam dan melakukan perawatan kapal selam milik Indonesia.

Proses pembangunan kapal selam membutuhkan kerja sama yang baik dari setiap bagian di Divisi Kapal Selam. Untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dan loyal kepada perusahaan diperlukan pelatihan tentang Bela Negara dan Teambuilding.

Bekerja sama dengan PUSDIK INTELMAR TNI AL, Pusdiklat PAL Indonesia melaksanakan pelatihan bela negara dan jiwa korsa untuk karyawan Divisi Kapal Selam PT.PAL Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Lounge Room dan Ruang ESQ divisi HCM & CM.

Kegiatan bela negara dan jiwa korsa lebih dititik beratkan pada penguatan intelegen personil guna menerima, mengolah, dan menyimpan informasi sebagai bekal karyawan Divisi Kapal Selam dalam proses Transfer Of Technology (TOT) pada proses pembangunan kapal selam selanjutnya.

Kegiatan bela negara diikuti oleh 80 karyawan Divisi Kapal Selam dari berbagai departemen yang diharapkan dalam melaksanakan tugas pembangunan maupun perawatan kapal selam dapat berjalan dengan baik.

Setelah melaksanakan kegiatan bela negara dan jiwa korsa, para peserta melanjutkan kegiatan outbond dan teambuilding supaya lebih meningkatkan kerja sama antar departemen di Divisi Kapal Selam.

Kegiatan outbond dilaksanakan di Kawasan Royal Outbond Trawas Mojokerto selama 2 hari. Kegiatan outbond dimulai dengan pembentukan kelompok, arahan dari pejabat Divisi Kapal Selam, kemudian dilanjutkan pada keesokan harinya pelaksanaan outbond dengan berbagai permainan antara lain :

  • Flying fox
  • Komunikasi sandi
  • Ladang ranjau
  • War Games (Paintball)

Pada akhir kegiatan outbond seluruh peserta diberi tantangan menyelesaikan permainan untuk menambah kekompakan dari seluruh peserta sehingga dapat terbentuk teambuilding yang kuat.