PELATIHAN SOFTWARE PLANING CONTROL DIVISI KAPAL SELAM

Kemajuan teknologi di era revolusi industry 4.0 mewajibkan para pelaku industry untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu PT.PAL Indonesia yang merupakan industry strategis di bidang maritim dan pertahanan. Perkembangan teknologi pembangunan kapal selam harus dibarengi dengan penguatan SDM guna memberikan kualitas pekerjaan yang berstandar tinggi.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pusdiklat PAL Indonesia bekerja sama dengan Pengembangan Infrastuktur (BangInfra) Divisi Kapal Selam menyelenggarakan pelatihan Sotfware Planing & Control (Primavera) supaya didapatkan SDM yang handal dalam mengelolah pembangunan kapal selam di PT. PAL Indonesia.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari tanggal 7-9 September 2020 yang diikuti 10 orang dari departemen manajemen proyek divisi kapal selam. Pelatihan ini bertujuan untuk :

  • Menyusun rencana kerja Proyek
  • Membuat dan mendefinisakan Work Breakdown Structure (WBS)
  • Melakukan pengalokasian Resources
  • Melakukan pengendalian biaya proyek
  • Melakukan pemantauan perkembangan proyek
  • Membuat dan menyajikan laporan proyek

Primavera merupakan sebuah perangkat lunak yang hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut di atas, sehingga proses perencanaan dan pemantauan perkembangan proyek dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif.

Primavera mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya : Dapat menyimpan informasi proyek (Resource & Cost) dalam satu database, dan memisahkan data dalam bentuk yang berbeda, dengan informasi yang lengkap dan ditampilkan dalam satu grafik.

Dengan keunggulan tersebut maka Pengelolaan proyek konstruksi dengan menggunakan Primavera dapat membantu para Manajer Proyek di dalam : Menyusun Metode Kerja (WBS), Mengumpulkan data-data proyek untuk kemudian dilakukan penginputan Resource yang dibutuhkan (Labour, Material, Equipment, Subcont, Volume), Melakukan monitoring aktivitas pekerjaan, Menampilakan informasi aktual tentang aktivitas proyek melalui tampilan S-Curve, Melakukan pengendalian hasil pekerjaan sesuai dengan yang telah disepakati, serta Membuat hasil laporan pengendalian tersebut.